5 Hal Yang Dapat Mendatangkan Pelanggan Ketika Usaha Sepi

“Usaha Sepi Pembeli- Kita ada di dunia dimana satu orang dapat membuat usaha cuma dalam tempo 60 detik. Trend serta perubahan dunia usaha bisa beralih dalam sekejap. Saat itu datang, satu orang akan ambil peluang untuk bikin usaha baru yang lebih disukai konsumen setia,” sebut Brian Chesky, founder dari Air BNB.

Pembicaraan dari Brian Chesky itu sekaligus juga mementahkan beberapa teori tentang ada beberapa macam usaha yang masih laris di market tanpa ada melihat trend serta style yang sedang berkembang, contohnya usaha fashion. Sebenarnya, fashion memang tidak mati tetapi satu usaha dapat akan gulung tikar dalam waktu cepat jika tidak dapat berkompetisi dengan persaingan yang makin bersaing.

Usaha sepi konsumen bukan sekedar berlangsung pada beberapa pelaku bisnis di bagian fashion saja. Dan juga pada tiap pemilik usaha yang tidak mengerti langkah pemasaran yang efisien. Satu analisa yang dikerjakan oleh Small Biz Trends menyampaikan bila 60-70% konsumen setia yang pernah beli produk Anda akan kembali beli .

Tetapi, satu usaha akan bisa disebutkan berkembang jika mempunyai jumlahnya konsumen baru serta konsumen existing yang imbang. Lalu, bagaimana strategi memperoleh banjir konsumen setia saat usaha yang ditekuni sedang sepi? baca artikel ini sampai usai.’

  • Potongan harga Sosial Media

Media sosial ialah raja. Satu usaha yang tidak mempunyai media sosial sama juga ‘bunuh diri’. Mengapa? sebab mereka akan kehilangan peluang besar untuk mengenalkan produk mereka ke pasar yang lebih luas. Tanpa ada terdapatnya media sosial, beberapa toko online tidak bisa mengirim produknya dari satu tempat ke tujuan yang jauh. Lalu, bagaimanakah cara manfaatkan media sosial untuk usaha?

Langkah yang paling terkenal serta tetap sukses dengan memberi potongan harga istimewa. Dari potongan harga itu, Anda dapat memerintah beberapa konsumen setia untuk ajak rekan-rekan mereka mem’follow’ account jualan Anda atau mempromokan dengan sharing link atau sebagainya. Dengan penghasilan, usaha Anda mungkin sedikit akan labil tetapi dengan engagement, usaha Anda makin diketahui.

Kadang, investasi paling baik untuk datangkan konsumen setia dengan langkah ‘membakar uang’ semakin banyak. Tidak yakin, coba Anda tunjukkan sendiri di usaha Anda.

  • Word of Mouth

Jim Rohn, seseorang motivational speaker pernah menjelaskan bila satu konsumen setia, yang dilayani secara baik, itu lebih bernilai daripada lakukan 10 ribu iklan di beberapa sumber. Saat seseorang konsumen setia merasakan senang, ia akan, dengan suka hati, mempromokan dengan gratis produk yang dia pakai. Dalam marketing, hal tersebut disebutkan sebagai Word of Mouth.

Word of Mouth adalah langkah lama yang masih seringkali dipakai sekarang. Tidak ada taktik apa pun yang perlu dikerjakan tetapi Anda harus meyakini bila produk yang di jual dapat memberi faedah lebih pada beberapa konsumen setia. Bila ingin WOM ini berjalan dengan lancar, apa Anda meyakini produk Anda sekarang telah memuaskan buat beberapa konsumen setia?

Jika taktik ini sukses, usaha yang Anda jalani akan ‘kebanjiran’ order dari konsumen setia. Tidak yakin? lihat saja kejadian Apple yang dapat membuat konsumen setia ikhlas keluarkan uang beberapa puluh juta rupiah cuma untuk satu smartphone. Walau sebenarnya, iklan yang mereka punya tidak kurang banyak dibanding beberapa pesaingnya.

  • Membuat Challenge

Berdasar perasaan serta karakter alamiah, kebanyakan orang senang untuk memenangi persaingan. Oleh karenanya, Anda dapat membuat suatu challenge atau rintangan yang terkait dengan produk Anda. Contohnya, Anda mempunyai usaha di bagian makanan, ajak beberapa konsumen setia Anda mengirim inspirasi rasa baru yang akan kalian launching. Selanjutnya, menghadiahkan yang istimewa buat mereka.

Beberapa hadiah yang dapat diberi ialah uang tunai, cashback berbelanja atau bebas pilih produk yang Anda punyai dengan batasan harga tersendiri. Jadi ketentuan persaingan, suruh konsumen setia Anda yang ikuti persaingan untuk ajak rekan mereka serta mendapatkan peluang menang semakin besar. Bisa memikirkan, challenge apa yang akan Anda bikin nanti?

  • Mengambil Konsumen setia Pesaing

Konsumen setia ialah raja. Apa pun yang mereka kehendaki semestinya bisa Anda siapkan. Satu studi yang dikerjakan oleh Oracle menyampaikan bila 89% konsumen setia tidak jadi beli produk jika tidak dilayani secara baik. Dalam masalah ini, konsumen service jadi ‘jembatan’ penting satu penjualan. Bila seseorang konsumen setia tidak memperoleh detil dengan lengkap, mereka dapat lari ke pesaing.

Saat ada seseorang konsumen setia merasakan tidak dilayani, disitulah Anda dapat ambil peluang. Terima kasih pada media sosial sebab Anda dapat ‘mencuri’ konsumen setia pesaing dari sana. Sesudah tahu account mereka, Anda dapat bergerak cepat dengan lakukan direct message atau e-mail. SpotOn mengutarakan 41% konsumen setia merasakan suka dihargai semacam itu.

  • Usaha Sepi Konsumen?

Sudah pernahkah Anda dengar satu perusahaan ritel asal Amerika Serikat bernama Costco? Sekarang, Costco jadi hanya satu perusahaan ritel yang dapat masih berkompetisi dengan level persaingan tinggi tanpa ada sekalinya membuat iklan, baik itu lewat sosial media atau spanduk di jalan raya. Lalu, bagaimanakah cara mereka bertahan ditengah-tengah gempuran iklan kekinian?

Ada banyak taktik marketing yang dikerjakan oleh Costco serta dapat dibuktikan sukses. Pertama, mereka memakai kartu keanggotaan dimana tiap konsumen setia dapat memperoleh potongan harga tersendiri. Diluar itu, Costco tetap ganti produk mereka tiap satu minggu sekali hingga konsumen setia merasakan memperoleh suatu hal yang berlainan di toko itu.

Bila usaha sepi konsumen membuat Anda ingin gulung tikar, mengapa tidak coba taktik cemerlang dari Costco ini terlebih dulu?

Belum ada Komentar untuk "5 Hal Yang Dapat Mendatangkan Pelanggan Ketika Usaha Sepi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel