Cara mendeteksi Laptop Anda Sedang Di Retas

Panduan tehnologi kesempatan ini Tempo membahas mengenai bagaimanakah cara tahu ada satu orang yang sudah mengawasi laptop, PC atau Mac Anda. Semua mengenai info pribadi yang tersimpan di computer pada intinya perpanjangan dari semua jati diri Anda pada bentuk digital.

Anda bisa menaruh semua photo, video, resume, kontak, dokumen, serta info peka yang lain di PC atau Mac Anda. Dapatkah Anda memikirkan satu orang melihat serta memperoleh semua data itu?

Lebih jelek , bila Anda tinggalkan computer Anda tanpa ada pengawasan, pengintai serta bisa ambil semua kata sandi account Anda yang tersimpan di peramban Anda. Itu betul-betul musibah.

Tetapi bagaimana Anda dapat tahu bila satu orang terhubung file serta aplikasi Anda tanpa ada sepengetahuan Anda? Apa satu orang memakai computer Anda di belakang Anda? Untungnya, ada cara-cara untuk tahu.

Jadi satu orang sudah lihat computer Anda, buka file serta aplikasi Anda, tentu ada jejaknya. Pada PC serta Mac, ada langkah mudah dan cepat untuk lihat file, folder, serta aplikasi yang baru dibuka.

Dengan alat ini, bila Anda lihat item yang Anda tidak ingat kapan paling akhir membukanya, karenanya tanda-tanda tentu jika faksi yang tidak resmi sudah terhubung skema Anda tanpa ada sepengetahuan Anda. Berikut langkah Anda lihat item paling baru di PC serta Mac, menurut situs komando, belakangan ini:

1. Di Laptop atau PC:


File paling baru, membuka jendela File Explorer dengan mengeklik pintasan bilah pekerjaan, buka folder Dokumen atau mungkin dengan mendesak tombol Windows + E.

Disamping kiri menu File Explorer, lalu click Akses Cepat, yang akan tampilkan daftar file yang baru dibuka. Bila Anda lihat suatu hal dalam daftar ini yang Anda tidak ingat sudah membukanya, karena itu satu orang mungkin sudah terhubung computer Anda.

2. Di Mac:


Click pada simbol Apple di samping kiri bilah menu. Lalu, tujukan mouse Anda ke Item Paling baru. Di sini, Anda akan lihat 10 item paling baru yang dibuka dalam tiga kelompok: Aplikasi, Dokumen serta Server.

Sedang untuk Folder paling baru, membuka jendela Finder. Waktu jendela aktif, selanjutnya click Pergi pada bilah menu. Tujukan mouse Anda ke Folder Paling baru. Seperti dengan "Item Paling baru", Anda akan lihat 10 folder yang paling paling akhir dibuka.

3. Check kisah peramban situs


Ruang lain yang perlu untuk dicheck ialah kegiatan menelusuri. Walau pemakai yang pintar tetap bisa memakai model Penyamaran atau Pribadi peramban situs atau meniadakan kisah penelusuran mereka, tidak ada kelirunya untuk mengevaluasi kegiatan pencarian situs untuk pengintai.

Untuk Google Chrome, click tiga titik vertikal disamping kanan atas jendela Chrome Anda. Tujukan pada History. Sesaat Mozilla Firefox, click simbol lihat kisah, penyimpanan bookmark, serta yang lain di bilah menu serta click pada History.

Sedang Microsoft Edge, Anda cukup hanya click simbol Hub atau simbol seperti bintang yang meluncur cepat. Serta click History. Lalu Safari, triknya membuka Safari, pada bilah menu Apple, click History serta pilih Show All History.

4. Evaluasi login computer Anda


Untuk lihat semua kegiatan login di PC Anda, pakai Windows Moment Viewer. Alat ini akan tunjukkan semua service Windows yang sudah dibuka, dan informasi masuk, kekeliruan, serta peringatan.

Untuk terhubung Windows Moment Viewer, membuka Control Panel, lalu click Sistem and Security, pilih Administrative Tools, serta Moment Viewer. Langkah yang lebih gampang untuk terhubung Moment Viewer ialah cuma mendesak tombol Windows + R. Tulis "eventvwr " di kotak diskusi "Lakukan". Ini akan buka Moment Viewer.

Di panel kiri, click pada item yang disebutkan Keamanan. Ini akan tunjukkan pada Anda daftar semua momen login di PC Anda. Dibawah kolom ID Momen, mencari nomer 4624 untuk log masuk standard, 4672 untuk log masuk administratif serta 4634 untuk logoff.

Selanjutnya click entry untuk detil penambahan serta check apa pemakai lain sudah masuk ke skema Anda waktu Anda pergi. Pada Mac, Anda bisa memakai alat Konsol untuk mengecek apa satu orang berupaya terhubung computer Anda waktu computer dalam model tidur.

Untuk terhubung alat ini, pakai Spotlight Search (Command + Ruang) lalu mencari kata Console serta tekan Enter. Pada jendela Konsol, click "Semua Pesan" lalu pada bagian Penelusuran (bagian kanan atas jendela), tulis "bangun" untuk lihat semua momen yang berkaitan serta stempel waktu mereka.

5. Hentikan orang lain memakai computer Anda


Menutup computer Anda serta memakai kata sandi yang kuat untuk masuk kembali ialah dua hal yang paling basic dari keamanan computer yang tetap dianjurkan untuk dikerjakan. Di kantor, monitor kunci ialah feature yang paling aman dan membuat perlindungan pekerjaan Anda dari calon pengintai visual tanpa ada seutuhnya mematikan computer Anda.

Tetap kunci computer Anda saat Anda pergi hingga calon pengintai tidak bisa mengaksesnya. Pada Windows, Anda bisa memakai tombol pintas Windows + L untuk menutup PC Anda secara cepat.

Pada Mac, Anda bisa memakai pintasan Control + Shift + Eject (Control + Shift + Power pada Mac tanpa ada drive disk) atau Control + Command + Q untuk menguncinya secara cepat. Anda dapat mengeklik simbol Apple pada bilah menu serta pilih Lock Screen.

Catatan: Yakinkan Anda mengendalikan pilihan keamanan Mac Anda untuk minta kata sandi selekasnya sesudah terkunci. Anda bisa mengendalikan ini dengan buka Sistem Preferences, lalu Security & Privasi .

Waktu Anda mengerjakannya, yakinkan Anda mempunyai kata sandi yang kuat untuk account Anda. Anda mungkin terlatih memakai kata sandi simpel hingga Anda bisa masuk bertambah cepat.

Itu penyebabnya beberapa orang memakai kata sandi yang lemah seperti "kata sandi" atau "123456," itu inspirasi yang jelek. Peretas bisa menerka kata sandi gampang dalam beberapa saat. Buat kata sandi unik, tetapi yang Anda gampang mengingatnya.

6. Bagaimana dengan keyloggers?


Tahukah Anda jika ada program yang cuma untuk tangkap info dari keyboard Anda? Mereka disebutkan log keystroke, atau keyloggers, serta dapat jadi alat peretas jahat untuk mengambil info Anda.

Sesaat perusahaan serta orangtua bisa memakai keyloggers untuk pengamatan hukum, scammer bisa memakainya untuk menyerang privacy Anda atau mengambil jati diri Anda. Mereka hadir berbentuk piranti lunak serta piranti keras, serta bukan suatu hal yang dapat dipandang mudah.

Keylogger fisik gampang disembunyikan di computer, serta Anda tidak pernah tahu. Bila Anda tidak tahu benar apa yang Anda mencari, Anda bisa dengan gampang melewatkannya.

Tetapi, keyloggers external ini hanya terbatas pada apa yang bisa mereka kerjakan. Piranti lunaknya sama susahnya, bila tidak kurang susah, untuk dideteksi, serta bisa mengakibatkan semakin banyak kehancuran. Tetapi untungnya buat Anda, bisa memakai piranti lunak untuk menjumpai keylogger.

Belum ada Komentar untuk "Cara mendeteksi Laptop Anda Sedang Di Retas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel