Cara Mengendarai Mobil Matic Agar Transmisi Awet

Transmisi mobil adalah salah satunya point penting di kendaraan. Tetapi seringkali pemilik meremehkan yang satu ini. Yuk silahkan kita menjaga transmisi. Triknya bagaimana?

Memerhatikan panduan dari Daihatsu, pergantian oli transmisi harus dikerjakan dengan teratur sesuai dengan buku service. Bila tidak dikerjakan dengan teratur, tarikan mesin akan berasa berat serta bisa mengakibatkan kerusakan elemen transmisi. Diluar itu, pergantian oli transmisi memakai oli standard jadi elemen tertentu.

Pergantian oli semestinya memakai oli sesuai detail yang dianjurkan di buku panduan untuk jamin keawetan transmisi. Banyak hal lain yang butuh diperhatkan berkaitan dengan transmisi mencakup kontrol level dengan periodik, penelusuran kebocoran, pergantian oli (pada transmisi automatis).

Kontrol level oli dengan periodik saat akan dipakai melakukan aktivitas bermanfaat untuk memeriksa level standard oli. Kekurangan oli bisa mengakibatkan kehancuran pada elemen transmisi mobil. Pada transmisi manual serta automatis, penelusuran kebocoran oli bermanfaat untuk tahu keadaan kendaraan. Kebocoran oli bisa mengakibatkan menyusutnya atau habisnya level Oli yang jadikan transmisi rusak.

Beberapa pemakai mobil tentu saja telah terlatih dengan pemakaian transmisi manual. Namun, ada banyak hal yang butuh dilihat untuk jaga kualitas elemen. Diantaranya ialah jangan melatih masukkan gigi saat parkir. Hal itu adalah aksi tidak safety serta bisa mengakibatkan kerusakan elemen transmisi. Diluar itu, pada transmisi manual jangan melatih menggerakkan mobil saat aki soak, tapi pakai kabel jumper untuk menghidupkannya. Faktanya, rutinitas hidupkan mesin dengan didorong bisa mengakibatkan kerusakan elemen transmisi manual.

Sedang untuk transmisi automatis, di bawah ini beberapa panduan pemakaiannya:

  1. Pada transmisi automatis, tempat 1 atau L untuk tanjakan serta turunan terjal.
  2. Pada transmisi automatis, tempat 2 untuk tanjakan serta turunan tidak demikian terjal.
  3. Pada transmisi automatis, tempat 3 serta D sama, tapi Over Drive berperan pada D.
  4. Over Drive O/D, dipakai dalam kecepatan tinggi dalam tempo lama, berperan untuk turunkan putaran mesin hingga bisa turunkan mengonsumsi bahan bakar.
  5. Tempat P (Parking), dipakai saat kendaraan parkir, berperan untuk safety.
  6. Saat lampu merah, tempat D digeser ke N untuk safety serta menjaga transmisi automatis.
  7. Untuk kendaraan transmisi automatis jika berhenti di jalan, direferensikan untuk memakai car carrier (digendong), untuk menahan rusaknya transmisi automatis.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengendarai Mobil Matic Agar Transmisi Awet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel