Kampas Kopling Sering Aus? Inilah Penyebabnya

Pada motor bertransmisi manual, umumnya diperlengkapi elemen bernama kampas kopling. Sesuai dengan manfaatnya, kampas kopling bekerja untuk memutuskan atau melanjutkan tenaga yang dibuat putaran mesin ke arah kutub engkol.

Nah, jika detikers merasakan waktu melepas tuas kopling tenaga motor terasa lelet atau berlangsung selip, umumnya itu jadi satu diantara sinyal kampas kopling aus.


Banyak unsur yang mengakibatkan kampas kopling motor manual cepat aus. Seperti disebutkan mekanik Duta Motor Sport Bekasi, Ryan Fasha, ada banyak hal yang mengakibatkan kampas kopling motor cepat habis.

"Kampas kopling motor dapat cepat aus sebab dua unsur. Dapat dari umur elemen atau langkah bermotor yang salah," kata Ryan pada detikcom, lewat pesan singkat.

Sesuai dengan buku panduan manual, kampas kopling mempunyai rata-rata jeda penggunaan di antara 15.000 - 20.000 km. Atau bila dikalkulasikan berdasar umur gunakan yaitu seputar 2 tahunan.


Tetapi bicara keawetan elemen motor pasti balik lagi ke tingkah laku berkendara tersebut. "Umumnya sebab langkah berkendara motor yang salah. Contohnya seringkali gantung tuas kopling atau 1/2 kopling," lanjut Ryan.

Tuas kopling motor yang didesak cuma 1/2 akan memberatkan kerja kampas kopling, sebab antar lembar kampas kopling tidak buka prima. Pada akhirnya, kampas cepat tipis sebab bergesekan dengan plat kopling.


Style berkendara lain yang dapat juga membuat kampas kopling cepat aus ialah seringkali meredam tuas kopling waktu tempat berhenti lama. Contohnya waktu berhenti di lampu merah, gigi motor dibiarkan masuk serta tuas kopling ditarik penuh. Walau sebenarnya bila dalam keadaan berhenti lumayan lama, tempat gear motor lebih baik dinetralkan saja.

Tidak hanya dari style berkendara motor yang salah, pemicu lain kampas kopling motor cepat aus karena setelan tuas kopling yang begitu dekat. "Setelan tuas kopling begitu dekat dapat 'memaksa' pengendara motor terus mendesak tuas kopling waktu di kecepatan rendah. Upayakan jarak bebas tuas kopling disetel 1,5 cm sampai 2 cm," pungkas Ryan.

Belum ada Komentar untuk "Kampas Kopling Sering Aus? Inilah Penyebabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel