Punya Matic Tanpa Engkol? Anda Harus Rajin Cek Aki

Motor-motor matik kekinian sekarang banyak yang tidak memakai engkol atau kick starter. Ini tentu saja membuat cemas pengendara motor, karena proses menyalakan motor cuma memercayakan electric starter.

Electric starter kerja memercayakan arus listrik yang disimpan di aki. Bila aki tekor atau tegangan listriknya rendah, karena itu motor akan susah dinyalakan. Lalu bagaimana jalan keluarnya?


"Harus ya harus ubah aki baru," kata Service Advisor Honda TDM Bekasi, Agung Budiono

Sebetulnya ada tehnik genting menangani aki yang telah soak. Yaitu dengan gunakan tehnik jumper atau isi arus listrik aki yang tekor dengan aki yang sehat. Tetapi tidak kebanyakan orang tahu langkah berikut. Karenanya, lebih baik bertindak mencegah.

Salah satunya aksi pencegahannya yaitu dengan tidak memodifikasi yang sentuh sisi kelistrikan. Pemasangannaksesori lampu atau klakson yang mempunyai watt besar pasti memberatkan kapasitas aki.

Diluar itu, rajin-rajinlah memeriksa tegangan aki. Beberapa produk motor matik sekarang telah mempunyai tanda tegangan aki di panel instrumennya. Jadi semakin lebih gampang memonitor kesehatan aki. Jika motor detikers belumlah ada feature itu, pilihannya dapat gunakan alat voltmeter.

"Aki yang masih bagus ampere nya 13,5 volt. Serta saat pengisian, jika tarik gas, itu dapat sampai 14 volt. Tetapi jika aki telah ngedrop, ia tentu dibawah 10 volt serta cocok pengisian waktu nyalain motor itu tentu cuma keiisi dibawah 13 volt," ujarnya.

Belum ada Komentar untuk "Punya Matic Tanpa Engkol? Anda Harus Rajin Cek Aki"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel