Tak Selalu Aplikasi Di Play Store Aman, Inilah Tips Mencegahnya

Aplikasi mobile yang ada di pusat aplikasi jangan disangka telah aman seutuhnya. Territory Kanal Manajer SEA Kaspersky Lab Indonesia, Dony Koesmandarin memperjelas aplikasi yang berada di Play Store atau App Store tidak semua terjamin keamanannya.

Ada-ada saja pengembang yang memberikan malware di dalamnya, hingga semestinya kamu masih siaga.

"Umumnya kan jika kita habis ambil aplikasi itu ada notifikasinya. Apa aplikasi diperbolehkan untuk terhubung data-data yang berada di hp. Terus ada-ada saja yang asal meluluskan agar mereka dapat memakai aplikasi," tuturnya di Jakarta, Kamis 7 Februari 2019.

Dony merekomendasikan supaya pemakai tidak asal dalam memberikan akses aplikasi yang dipasang untuk lihat ke data yang berada di hp.

Mereka harus pastikan apa aplikasi itu betul-betul aman untuk dipakai. Kadang ada-ada saja pemakai yang cuma ingin tahu dengan apa yang ada di aplikasi, tanpa ada mengutamakan keperluan.

Untuk pastikan keamanan aplikasi buat pemakai yang pemula, yakinkan terlebih dulu membaca penjelasan yang berada di Play Store atau App Store. Selanjutnya lihat bagaimana trennya, serta paling akhir ialah penelusuran pengembang aplikasi.

"Langkah semacam itu memang tidak 100 % aman, tetapi paling tidak dapat terhindar dari peluang terjelek. Yang penting bagaimana proses supaya mereka masih siaga," tuturnya.

Sekarang, Dony memandang kesadaran warga Indonesia akan kerentanan kejahatan siber makin bertambah. Tidak hanya membuat perlindungan piranti dari malware, mereka memulai memproteksi data dengan lakukan back-up. Dony merekomendasikan untuk memakai virtual privat network (VPN).

Ia mengklaim pemakaian VPN jadi salah satunya langkah yang aman membuat perlindungan privacy dimana tempat sebetulnya pemakai ada. Dia menghargai bila banyak pemakai yang memakai cara itu membuat perlindungan diri.

"VPN itu menjadi salah satunya langkah membuat perlindungan pemakai. Banyak aplikasinya, tetapi harus tetap pilih yang aman, jangan pernah pilih yang abal-abal. Harus tetap cek ulasan, itu langkah tersimpel," tuturnya.

Belum ada Komentar untuk "Tak Selalu Aplikasi Di Play Store Aman, Inilah Tips Mencegahnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel