Empat Tips Membersihkan Lensa Kontak Yang benar



Bukannya membuat pandangan bagus, memakai softlens yang kotor pasti dapat berefek jelek pada kesehatan indra pandangan Anda. Karenanya, Anda pasti butuh tahu bagaimanakah cara yang efisien untuk bersihkan serta menjaga softlens.

Langkah menjaga serta bersihkan softlens Menurut American Academy of Ophthalmology, lensa kontak yang kotor ataukah tidak pas dapat menggores susunan mata Anda.

Membersihkannya dengan tetes mata juga bukan jalan keluar yang efisien sebab dapat mengakibatkan kerusakan cairan pada softlens Anda. Itu penyebabnya, sebelum putuskan memakai softlens Anda harus mempunyai pengetahuan yang benar juga.

Contohnya, softlens sekali gunakan umumnya lebih praktis sebab tidak begitu memerlukan perawatan yang susah, dibanding dengan lensa kontak yang dapat digunakan berkali-kali.

Inilah cara-cara bersihkan serta menjaga softlens supaya Anda terlepas dari iritasi serta permasalahan mata yang lain.

1. Bersihkan tangan sebelum menggenggam softlens

Salah satunya kunci dari langkah menjaga serta bersihkan softlens ialah tetap membersihkan tangan sebelum menggenggam lensa kontak.

Upayakan untuk membersihkan tangan memakai sabun serta basuh sampai bersih. Yakinkan tidak ada tersisa sabun, minyak wangi, minyak, atau losion yang melekat pada telapak tangan Anda.

Karena, sisa-sisa produk akan membuat mata iritasi serta pandangan Anda jadi buram saat memakai softlens Anda.

Karenanya, lakukan bersihkan tangan sebelum dan setelah lakukan suatu hal. Anda dapat mengeringkan tangan Anda dengan tisu atau handuk tanpa ada serat supaya tidak ada yang melekat di tangan Anda.

2. Terlepas softlens sebelum mandi serta tidur

Sesudah membersihkan tangan, Anda juga harus ingat kapan waktu yang pas untuk melepas softlens. Lepaskanlah lensa kontak sebelum mandi, berenang, atau pekerjaan apapun yang bisa membuat mata Anda kemasukan air.

Ini mempunyai tujuan supaya kuman atau senyawa kimia di air, seperti klorin, tidak melekat pada softlens. Bila dibiarkan, umumnya beberapa gejala mudah akan ada, seperti mata sakit serta berasa gatal.

Lupa melepas softlens waktu mandi bisa berbuntut pada konjungtivitis karena infeksi bakteri.

Diluar itu, untuk menjaga serta jaga kebersihannya, Anda harus melepas softlens sebelum tidur. Ini sebab waktu Anda tidur, mata yang terpejam tidak membuat air mata tidak bisa bawa oksigen sekitar saat Anda buka mata.

3. Jauhi pemakaian air keran

Sumber: NRDC Sesudah sukses melepas softlens tanpa satu masalah, jauhi pemakaian air keran dalam menjaga serta bersihkan softlens. Hampir di tiap air keran memiliki kandungan acanthamoeba, bakteri yang bisa melekat serta mengkontaminasi lensa kontak Anda.

Jika hal itu dibiarkan, pasti bisa memunculkan permasalahan pada mata Anda sebab infeksi bakteri itu. Oleh karenanya, lakukan menggunakan cairan pembersih spesial untuk softlens supaya kebersihannya masih terbangun.

4. Pakai cairan spesial pembersih softlens

Pakailah cairan spesial pembersih softlens saat membersihkannya. Langkah menjaga serta bersihkan softlens yang satu ini penting dikerjakan sebab softlens yang seringkali Anda pakai rawan pada infeksi bakteri.

Type cairan pembersih softlens sebetulnya terdapat beberapa. Salah satunya, yang seringkali dipakai ialah multipurpose solution. Menurut CDC, ada cara-cara yang bisa Anda kerjakan saat bersihkan softlens dengan multipurpose solution.

Gosok serta basuh softlens setiap saat Anda mengeluarkannya.

Taruh softlens di cairan pembersih yang baru Anda isi lagi.

Jauhi mencampurkan cairan pembersih baru serta lama sebab dapat terkontaminasi.

Bersihkan wadah penyimpanan lensa kontak dengan cairan pembersih.

Buang larutan yang berlebihan dari wadah penyimpanan serta keringkan dengan yang baru serta bersih.

Taruh wadah yang bersih dalam kondisi terbalik di atas tisu bersih dalam kondisi terbuka setiap saat pemakaian supaya tidak ada kuman yang menumpuk.

Ubah wadah penyimpanan tiap tiga bulan sekali.

Memakai lensa kontak berarti Anda telah memiliki komitmen untuk tahu serta melakukan langkah menjaga serta bersihkan softlens secara benar. Bila Anda masih sangsi serta cemas terserang infeksi, Anda dapat konsultasi dengan dokter serta lihat apa softlens yang Anda gunakan saat ini telah pas.

Belum ada Komentar untuk "Empat Tips Membersihkan Lensa Kontak Yang benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel