Penyerahan Penghargaan SMS Cinta Sekolah Banjar kepada 12 Sekolah di Kota Banjar

Penyerahan-Penghargaan-SMS-Cinta-Sekolah-Banjar-kepada-12-Sekolah-di-Kota-Banjar
Penghargaan SMS Cinta Sekolah Banjar Tahun 2019 dilakukan pada hari Senin, 4 November 2019. Bertempat di halaman Kampus SMPN 7 Banjar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar memberikan penghargaan Anugerah SMS Cinta Sekolah Tahun 2019 kepada sekolah-sekolah di Kota Banjar, Provinsi Jawa Barat. Sekolah yang mendapatkan kehormatan tersebut berjumlah 12 baik dari tingkat SD maupun SMP.

Penghargaan SMS Cinta Sekolah Banjar dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Penghargaan berupa Anugerah SMS Cinta Sekolah merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar. Program ini ditujukan bagi sekolah-sekolah yang ada di Kota Banjar dan dikemas dalam bentuk perlombaan sehingga diharapkan bisa memacu semangat kompetisi bagi sekolah-sekolah agar mengerahkan yang terbaik selama menjalankan program.

1. Mengenal Program SMS Cinta Sekolah
Penyerahan Anugerah Penghargaan SMS Cinta Sekolah Banjar diberikan kepada 12 sekolah dari tingkat SD maupun SMP di Kota Banjar. Program ini digagas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar dengan maksud agar siswa nyaman berada di sekolah.

SMS Cinta Sekolah merupakan kependekan dari Sembilan Menit Siswa Cinta Sekolah. Maksudnya adalah 3 menit sebelum pembelajaran di mulai, 3 menit saat istirahat, dan 3 menit sebelum pulang sekolah, siswa dibuat nyaman berada di sekolah. Hal ini agar muncul kecintaan siswa kepada sekolah tempatnya belajar.

2. Tujuan Program SMS Cinta Sekolah
Dilansir dari harapanrakyat.com, Ahmad Yani selaku Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah (Disdakmen) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar, mengatakan bahwa tujuan dari program SMS Cinta Sekolah adalah untuk menanamkan kecintaan siswa kepada tempat mereka menuntut ilmu.

Kecintaan kepada sekolah bisa berupa rasa cinta kebersihan dan cinta kesehatan. Hal ini penting diajarkan kepada siswa karena memiliki pengaruh besar terhadap aktivitas pembelajaran anak didik.
Walikota Banjar yang turut hadir dalam Penyerahan Anugerah SMS Cinta Sekolah Tahun 2019 tersebut juga menambahkan bahwa melalui program tersebut diharapkan bisa membentuk karakter anak didik yang luhur. Selain itu, juga bisa menanamkan kepada anak rasa cinta kesehatan serta kepedulian pada lingkungan terutama dalam hal kebersihan.

3. Peserta Program SMS Cinta Sekolah Tahun 2019
Dalam Anugerah Penghargaan SMS Cinta Sekolah Banjar tersebut, Ahmad Yani menyampaikan bahwa dari jumlah total 86 Sekolah Dasar (SD) serta 25 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Banjar, sekolah yang mengikuti program SMS Cinta Sekolah baru 21 SD dan SMP.

21 sekolah yang menjadi peserta perlombaan SMS Cinta Sekolah meliputi 10 SD serta 11 SMP. Ahmad Yani berharap untuk ke depannya, akan ada lebih banyak sekolah yang mengikuti perlombaan tersebut. Baik tingkat SD maupun SMP, seluruh sekolah di Kota Banjar harus mengikuti program tersebut.

4. Pemenang Penghargaan Anugerah SMS Cinta Sekolah Tahun 2019
Pemenang Penghargaan SMS Cinta Sekolah BanjarTahun 2019 berjumlah 12sekolah untuk dua jenjang pendidikan SD dan SMP. Penghargaan tersebut dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori utama dan kategori madya, yang diberikan kepada masing-masing jenjang.

Pemenang Anugerah SMS Cinta Sekolah Tahun 2019 untuk kategori utama SD adalah sebagai berikut. Juara pertama diraih oleh SD Negeri 1 Karyamukti, juara kedua diberikan kepada SD Negeri 2 Sukamukti, serta yang menjadi juara ketiga adalah SD Negeri 2 Bojongkantong. Sementara itu untuk kategori madya dalam jenjang SD, juara pertama diraih oleh SDN 2 Banjar, juara kedua diraih oleh SDN 3 Balokang, serta juara ketiga SDN 1 Jajawar.

Sedangkan Pemenang Anugerah SMS Cinta Sekolah Tahun 2019 untuk kategori utama SMP adalah juara pertama diberikan kepada SMPN 6 Banjar, juara kedua diraih oleh SMPN 5 Banjar, serta juara ketiga diraih oleh SMPN 1 Banjar. Sedangkan untuk kategori madya, juara pertama diraih SMPN 9 Banjar, juara kedua SMPIT Uswatun Hasanah, serta juara ketiga SMP 10 Banjar.

Penanaman nilai-nilai karakter yang luhur sangat penting dalam proses pembelajaran di sekolah, karena karakter itulah yang menjadi bekal bagi siswa agar kelak siap menjadi generasi yang berkepribadian baik. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar berupaya mencanangkan program yang mengarahkan siswa untuk menuju ke arah tersebut, salah satunya dengan Penghargaan SMS Cinta Sekolah Banjar.

Belum ada Komentar untuk "Penyerahan Penghargaan SMS Cinta Sekolah Banjar kepada 12 Sekolah di Kota Banjar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel