Tujuh Tips Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami


Jaga kebersihan gigi adalah keharusan yang perlu tiap orang lalui. Masalahnya gigi memberi andil yang lumayan besar dalam tampilan kita. Satu orang yang memiliki gigi putih tentunya mempunyai senyum yang lebih indah menarik dibanding mereka yang mempunyai gigi kuning serta berkarang.

Rongga mulut pada intinya adalah sarang bakteri. Walau kamu sudah menyikat gigi tetapi tetap ada-ada saja bakteri yang masih ada di mulut. Karang gigi bisa tercipta sebab terdapatnya reaksi kimia di antara protein, tersisa makanan, serta bakteri yang berada di mulut kita. Dari hasil reaksi itu adalah plak berwarna kuning yang jika dibiarkan akan menjadi karang gigi.

Terdapatnya karang gigi bisa mengakibatkan beberapa komplikasi beresiko. Dari mulai gusi abuh, iritasi, sampai jadi pemicu gigi berlubang. Nah untuk menanganinya berikut ada cara-cara hilangkan karang gigi secara cepat dengan alami yang dapat kamu coba aplikasikan di dalam rumah.

1. Menyikat gigi secara benar

langkah hilangkan karang gigi secara cepat

Menggosok gigi dengan teratur serta benar penting dikerjakan untuk memperhatikan kesehatan gigi periode panjang. Kehancuran seperti gigi berlubang, plak gigi, sampai karang gigi juga dapat dihindari cukup dengan menggosok gigi dengan teratur.

Dengan menggosok gigi, karena itu tersisa makanan tidak menjadi karang gigi. Agar hilangkan karang gigi secara detail, sikat gigi juga harus dikerjakan secara benar. Berikut triknya.

Langkah menyikat gigi secara benar:

  • Pegang sikat gigi membuat pojok 45 derajat. Selanjutnya awalilah menggosok gigi geraham atas atau gigi belakang di salah satunya bagian dengan pergerakan melingkar. Kerjakan sepanjang 20 detik untuk tiap bagiannya.
  • Sikat dengan perlahan-lahan tiap sisi gigi. Khususnya yang digunakan untuk kunyah, gigi dekat pipi, serta lidah. Yakinkan semua sisi gigi telah disikat, hingga plak serta tersisa makanan hilang.
  • Sedang untuk bersihkan gigi sisi depan, posisikan sikat gigi dengan vertikal atau pakai ujung kepala sikat gigi. Lalu sikat gigi dengan melingkar dibagian pinggir gusi sepanjang kira-kira 2-3 kali.

2. Kulit jeruk

Tidak hanya buahnya saja yang mempunyai banyak faedah. Nyatanya sampai kulitnya juga tidak kalah berguna. Tidak hanya dipakai jadi pewangi ruang serta pengusir nyamuk, kulit jeruk ampuh untuk memutihkan gigi serta bersihkan karang gigi. Ini karena disebabkan kulit jeruk memiliki kandungan senyawa bernama limonene serta vitamin C yang bertindak jadi antibakterial.

Langkah hilangkan karang gigi dengan kulit jeruk:

  • Sediakan kulit jeruk yang masih fresh
  • Gosokkan sisi putih kulit jeruk barusan ke sisi gigimu
  • Untuk mencapai sisi gigi terdalam, kamu dapat mengerok sisi putihnya selanjutnya menggunakan dengan pasta gigi
  • Sesudah memakainya nantikan sepanjang 7 jam supaya karang gigi rontok semua.

3. Pakai benang gigi (dental floss)

Sering karang ada dibagian dekat sama gusi, hingga benar-benar susah untuk dicapai oleh sikat gigi. Jalan keluarnya kamu dapat memakai benang gigi. Walaupun tidak dengan selesai, tetapi paling tidak dapat hilangkan karang gigi dibagian terdalam. Dianjurkan untuk lebih waspada dalam memakai benang gigi. Upayakan jangan menggosok begitu keras sebab bisa mengakibatkan kerusakan e-mail gigimu.

4. Tomat serta strawberry

Gabungan vitamin A serta C dari tomat benar-benar bermanfaat sekali untuk pelihara kesehatan gigi serta gusi, terhitung diantaranya hilangkan karang gigi. Sedang strawberry memiliki kandungan asam malat yang bermanfaat untuk hilangkan plak di permukaan gigi. Hingga keduanya dapat jadi gabungan yang cocok untuk bersihkan karang gigi.

Langkah hilangkan karang gigi dengan tomat:
  • Haluskan tomat serta strawberry yang masih fresh dengan mamakai jus
  • Pakai haluskan ke-2 buah ini jadi pasta gigi
  • Gosok gigimu secara benar selanjutnya mengakhiri dengan berkumur air hangat
  • Kerjakan gosok gigi dengan teratur minimum 1x satu hari untuk hasil paling baik

5. Apel, wortel, serta timun

Waktu kunyah makanan yang kriuk-kriuk, seperti apel, timun, seledri, serta wortel mereka dapat jadi sikat gigi kecil yang menolong menggosok noda-noda membandel yang melekat di gigi kita, terhitung diantaranya plak pemicu karang gigi.

Diluar itu, buah-buahan itu merangsang terbentuknya air liur yang bisa kurangi kuman di mulut. Kamu dapat konsumsi buah itu dengan teratur setelah makan sarapan. Janganlah lupa minum satu gelas air putih untuk meleburkan gula di ruang gigimu.

6. Siwak

Miswak atau siwak datang dari ranting atau akar pohon arak (salvadora persica). Pohon ini banyak didapati di lokasi Timur Tengah, Asia, serta Afrika. Ranting ini jika dikupas mempunyai warna putih serta memiliki serat. Akarnya berwarna coklat serta dalamnya putih. Sedang aromanya seperti seledri dengan rasa sedikit pedas.

Buat orang Timur Tengah, bersiwak telah dikerjakan sejak dahulu. Serta Nabi Muhammad SAW juga menyunnahkan supaya kita bersiwak untuk bersihkan gigi. Diluar itu, dalam laporan U.S. National Library of Medicine tahun 2012, menunjukkan jika siwak memang berguna buat gigi sebab memiliki kandungan mineral seperti flouride, silika, sulfur, vitamin C, tannin, potasium, serta sodium.

Langkah hilangkan karang gigi dengan siwak:

  • Kuliti salah satunya ujung kayu siwak dengan panjang seputar 3 cm
  • Kunyahlah sisi yang telah dikuliti (awalannya kemungkinan berasa cukup pedas, walaupun kurang nyaman tetapi tidak beresiko)
  • Bila telah lunak serta berupa bulu-bulu sikat selekasnya rendam air
  • Membersihkan gigi dengan memakai siwak yang telah berupa bulu. Kerjakan minimum satu minggu 2x untuk hasil paling baik.
7. Biji wijen

Menggunakan biji wijen terhitung salah satunya langkah hilangkan karang gigi tradisionil yang dikerjakan oleh orang dahulu kala. Dalam biji wijen terdapat minyak alami yang bisa membunuh bakteri streptococcus mutans sebagai pemicu gigi berkarang.

Untuk pemakaiannya, kamu perlu kunyah bijinya. Yakinkan untuk kunyah biji wijen dibagian gigi yang berkarang. Selanjutnya ratakan dengan menggunakan sikat gigi. Paling akhir berkumurlah dengan memakai air bersih. Semestinya jauhi menelan biji wijen yang telah dikunyah.

Belum ada Komentar untuk "Tujuh Tips Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel