Mengapa Anak Malas Pergi ke Sekolah? Berikut Cara Mengatasinya


Metode Pembelajaran yang Tidak Tepat


Kegiatan di sekolah seringkali disusun dengan berbagai metode. Namun, terkadang guru hanya menggunakan satu metode yang dianggap paling sederhana, tidak merepotkan, dan mudah dilakukan secara berulang-ulang. Hal ini menimbulkan rasa bosan yang merupakan salah satu faktor penyebab anak malas di sekolah.
 
 baca juga : biaya les privat
 

Bosan dan Kurang Minat


Kebosanan muncul akibat metode pembelajaran yang tidak diterapkan dengan baik secara terus menerus. Pada dasarnya anak usia sekolah memiliki keinginan yang tinggi untuk belajar. Hal ini terlihat dari munculnya rasa ingin tahu anak terhadap sesuatu. Tapi ketika dia merasa kurang metode, padahal metode itu selalu dilakukan, dia tidak akan malas melakukannya. Anak-anak yang malas sekolah mengalami hal yang sama. Mereka menemukan metode belajar yang sama sehingga mereka merasa malas. Itu sebabnya dalam melakukan pengajaran harus selalu kreatif dan variatif.
 
 baca juga : les privat jakarta

 
Lingkungan yang Tidak Menyenangkan


Selain itu, lingkungan yang tidak menyenangkan juga bisa membuat anak malas. Lingkungan sekolah yang tidak mendukung pembelajaran kreatif dapat membuat anak menjadi kurang semangat. Anak cenderung mudah bosan dengan lingkungan yang tidak ramah dan kurang perhatian. Ketika anak merasa tidak diperhatikan, maka fokusnya akan berkurang dalam bersosialisasi dan dalam belajar. Pikiran yang tidak fokus dapat membuat anak memikirkan hal-hal di luar pelajaran yang dianggap lebih menarik.

baca juga : guru les privat


Dampaknya muncul dari sifat malas

 
Sifat malas jika tidak diatasi bisa menjadi karakter karena pembiasaan. Ketika sifat malas anak dibiarkan, maka akan menjadi kebiasaan yang terus ada pada diri anak. Perkembangan anak usia dini dapat menentukan perkembangan karakternya di kemudian hari. Sifat pemalas identik dengan kepribadian yang tidak sehat. Tentu kita berharap agar setiap anak dapat berkembang menjadi pribadi yang rajin.
 
 baca juga : les privat
 

Kesulitan belajar


Sifat malas juga menghambat proses belajar anak di sekolah. Kurangnya perhatian terhadap pembelajaran dapat membuat anak sulit menerima secara optimal. Prestasi anak menjadi menurun karena malas. Motivasi belajar anak juga menjadi berkurang. Hal ini dapat berkembang menjadi konsep diri anak yang negatif sehingga muncul perasaan tidak mampu. Rasa malas sekolah perlu diatasi agar anak memiliki motivasi untuk belajar dan berprestasi.

Cara mengatasi anak malas sekolah


Kenali Kepribadian Anak Meski sering tercipta secara alami, rasa malas pada anak harus dihindari sejak dini. Mengenal anak secara pribadi adalah salah satu kunci agar tidak muncul rasa malas pada anak. Guru sebagai pengajar di sekolah dalam hal ini perlu mengenal siswa yang diajarnya dengan baik. Tidak hanya terbatas pada kemampuan kognitif saja, guru juga perlu mengetahui kepribadian siswanya. Ketika guru mampu mengenali siswanya dengan baik secara utuh, maka guru dapat menentukan metode pembelajaran yang tepat di kelas. Dengan metode yang tepat tentunya dapat meningkatkan minat dan semangat belajar. Tangkapan bagi mereka yang bersemangat tentu lebih baik daripada mereka yang kehilangan minat belajar.
 

Metode Pembelajaran Kolaboratif-Kreatif


Pembelajaran kolaboratif dapat menjadi pilihan bagi guru untuk menentukan metode pembelajaran. Pembelajaran kreatif melibatkan seni, motorik, kognitif serta mampu meningkatkan minat dan daya tangkapnya dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran seperti literasi. Hal ini sering diterapkan pada pendidikan anak usia dini, dimana mereka lebih mudah mengingat sesuatu yang disertai dengan gerakan, atau dengan ciri-ciri gambar dan bentuk. Kolaborasi dengan berbagai aspek tentunya akan lebih menantang siswa dalam menerima pelajaran. Mereka tidak mudah diremehkan dan tentunya mengasah kemampuan fokusnya. Dengan cara ini tentunya anak akan terhindar dari rasa malas.
 
Pendekatan kreatif-kolaboratif dengan siswa dan metode pembelajaran telah diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah inklusi. Anda dapat melihat website resmi sekolah inklusi untuk mengetahui proses pendidikan yang dilaksanakan di sekolah inklusi. Tentunya proses pembelajaran akan menyenangkan dan tidak membuat anak bosan atau bermasalah dengan sekolah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jasa Les Privat Matematika di TutorIndonesia Dengan Biaya Yang Murah dan Tidak Menguras Kantong Orang Tua

Biaya Les Privat Per Hari di Guru Les Private